Bagaimana sih cara membuat paspor online dengan mudah dan cepat

Anda mau tahu bagaimana sih caranya membuat paspor secara online dengan mudah dan cepat. Sebenarnya motivasiku membuat paspor berawal dari rasa kepengin jalan ke luar negeri di saat penawaran promo berbagai maskai penerbangan mulai membanjiri group sosmed, baik final call maupun event semacam travel fair tiba. Namun enggan rasanya ikut karena takut repot memproses pembuatan paspor di kantor imigrasi Kanim. Bayangkanku selalu buruk, mungkin ketika datang ke Kanim Kantor Imigrasi, bakalan di palak calo atau petugas resmi yang nakal. Itu mungkin ada dan kenyataan jaman dulu, sekarang udah berubah kok seiring dengan penataan reformasi birokrasi di Kementerian Hukum dan Ham tak terkecuali semua Kantor Imigrasi atau Kanim. Standar layanan mereka sama, yaitu mengacu pada public service yang sesuai SOP, bahkan sekarang di kasih pilihan mau mengajukan permohonan pembuatan paspor secara online atau manual.

Perlu di ingat beda cerita lho antara permohonan pem buat an paspor online dengan e-passport atau elektronik. Gak ada hubungannya ya. E-Paspport adalah salah satu jenis paspor yang di dalamnya terdapat data biometric yang tersimpan dalam bentuk chip tertanam, sementara yang akan kita bahas adalah tatacara permohonan pem buat an paspor secara online. Hal yang menjadi pertimbangan orang lebih memilih permohonan pem buatan paspor secara online adalah lebih menghemat waktu. Kenapa bisa menghemat waktu? karena antrian di lket permohonan bisa di lewati di proses secara online.

Masih bingung bagaimana sih cara membuat paspor online dengan mudah dan cepat, simak sharing pengalamanku ya.

Namun demikian membuat permohonan paspor online tetap mengharuskan datang ke Kanim Kantor Imigrasi untuk keperluan verifikasi berkas kelengkapan, pengambilan foto, pindai sidik jari dan wawancara tentunya. Proses permohonan pem buat an paspor ini berlaku juga lho untuk perpanjangan. Artinya Pihak kantor Imigrasi memfasilitasi bagi yang mempunyai paspor dan hampir habis. Perlu kalian catat juga, masa berlaku paspor adalah 5 tahun, dan bisa diperpanjang maksimal 6 bulan menjelang exipred. Pastikan ya paspor kalian masih berlaku, kalau sudah mendekati expired bersiap deh mengajukan permohonan via online. Pertimbangan segera di proses perpanjangannya agar tidak ribet di kemudian hari.

langkah mudah pendaftaran permohonan paspor online mudah dan cepat

Yuk, mari kita lihat bagaimana proses cara membuat paspor secara online dengan mudah dan cepat.

  • Persiapkan terlebih dahulu

Tidak seperti proses yang terdahulu harus menscan persyaratan berkas permohonan paspor, hanya untuk dipersiapkan nantinya saja. Make sure saja berkas yang Anda punyai telah lengkap dan benar. Kondisi berkas persyaratan membuat paspor yang tidak benar akan menghambat proses issued paspor dari kantor imigrasi nantinya. Berkas kelengkapan untuk persyaratan permohonan pembuatan paspor antara lain: e-KTP, Kartu Keluarga KK, Akta lahir, Paspor lama(jika perpanjangan), ijazah antara SD-SMU(pilih salah satu), sementara untuk pembuatan paspor yang harus ada KTP ortu, buku nikah dan paspor kedua orang tua.

  • Kunjungi situs imigrasi dan isi formnya

Kunjungi situs resmi kantor imigrasi yaitu di imigrasi.go.id , kemudian searching “Layanan Paspor Online” , klik “pra permohonan personal”, akan muncul beberapa isian, isi saja sesuai berkas yang Anda miliki. Janganlah takut salah isi, karena ada layanan menu “lanjut” dan “kembali”, pastikan kolom yang bertanda asterik merah harus terisi, karena tidak bisa di simpan atau lanjut jika kosong.

isian permohonan paspor online imigrasi

Hal yang perlu diperhatikan dalam langkah ini yaitu:

  1. Isian harus benar sesuai dengan data diri yang anda miliki,
  2. Alamat email jangan sampai salah, make sure lagi karena bukti tanda terima dan surat pengantar ke bank akan di inbox ke email anda,
  3. Bagi paspor anak, nomer identitas cukup di isi NIK saja ya.
  • Proses pembayaran, beserta verifikasinya

Setelah proses pengisian selesai, Anda akan menerima notifikasi email sebagai pengantar pembayaran ke Bank, jika masih belum menerima, Anda bisa request kirim ulang.  Pengalamanku dulu membayar di Bank BNI, Jangan lupa simpan dengan baik tanda terima bukti pembayarannya. Biaya paspor waktu itu sekitar 300 ribu, biaya biometrik, 5 rb dan biaya administrasi bank 5 ribu, total 355 ribu.

Bayarlah tarif pembuatan paspor sesuai dengan aturan PNBP yang resmi dari pemerintah.

Setelah pembayaran di bank selesai, buka kembali email tepatnya di inbox untuk melakukan verifikasi. Verifikasi dari email nanti akan di arahkan link ke laman imigrasi.go.id, setelah itu ikuti langkah verifikasinya. Saat pengisian verifikasi, maka akan ditentukan tanggal kapan lapor ke Kanim Imigrasi, sekaligus cetak tanda terima permohonan pembuatan paspor.

alur tahapan pembuatan paspor online imigrasi

  • Datang ke kantor Kanim Imigrasi sesuai jadwal yang tertera

Jika langkah pendaftaran permohonan paspor online sudah selesai sampai tahap verifikasi dan cetak buktinya, maka yang perlu dilakukan adalah datang langsung ke kantor Kanim. Noted ya teman, jika datang ke kantor Imigrasi diusahakan sepagi mungkin, karena harus mengantri, jangan sampai antriannya mengular kalo datang kesiangan. Beberapa tips catatan yang harus diperhatikan saat datang ke kantor imigrasi : make sure dulu berkas sebelum berangkat, datang pagi, hiraukan rayuan calo, langsung ambil antrian, sudah tinggal verifikasi berkas karena pendaftaran permohonanya sudah via onlie.

  • Penuhi proses, foto, pindai sidik jari / biometrik dan wawancara

Proses berikutnya seingatku pindah ke ruangan sebelah untuk diambil foto, biometrik (data sidik jari) dan wawancara. Tenang aja kok, wawancara cuma sebentar, biasanya di tanya mau kemana keluar negerinya dan keperluannya apa, itu saja kok. Mudah banget gak usah grogi.

Jika anda memahami aturan keimigrasian, maka pendaftaran permohonan paspor online akan sangat mudah dan cepat.

  • Ambil berkas paspor yang sudah jadi

 Setelah serangkaian tahapan di atas selesai maka Anda akan menerima lembar pengambilan paspor. Biasanya kurang lebih berproses selama 3 hari kerja. Jika Anda ingin mengetahui status proses pembuatan paspor bisa log in kembali ke web imigrasi.go.id, tinggal memasukkan nomor permohonannya. Mungkin itu yang bisa saya share sedikit pengalamnku membuat paspor yang kami lengkapi dengan tahap pendaftaran secara online dengan mudah dan cepat.