Apa sih pengertian paspor dan bentuk nya seperti apa

Ada yang punya keinginan jalan ke luar negeri tapi bingung dengan dokumen paspor itu sebenarnya apa sih serta bentuk bukunya kayak apa? Kali ini saya coba ceritakan pengalamanku tentang pengertiannya. Aku sebenarnya juga serada takut bepergian keluar negeri apa lagi solo travel, namun jika lihat status temen asyik keliling wisata di negara lain kok ya mupeng. Endingnyapun saya tergoda untuk mengumpulkan semua info terkait bagaimana sih dokumen legal untuk jalan keluar sana.

Nah ternyata waktu itu saratnya sangat mudah untuk bisa jalan ke luar negeri terlebih negara ASEAN, yah paspor, cuma itu syaratnya, gak pake tetek mbengek. Gak perlu mikirin visa, ijin ke perwakilan negara ASEAN di Indonesia, tak serumit itu pokoknya. Kantong fulus juga gak harus tebel banget, apa lagi pas dapat tiket promo or final call dari Air As*a biasanya yang suka bagi2 cheap sheat.

Ayo kawan, fahami paspor dan jenisnya supaya tidak bingung lagi jika mau jalan ke luar negeri

Jika dilihat dari peraturan yang ada, setahu saya merujuk ke PP Nomor 31 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan UU No. 6 Tahun 2011 Keimigrasian, dalam pasal 15 di jelaskan pengertian paspor adalah ” dokumen yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada warga negara Indonesia untuk melakukan perjalanan antarnegara yang berlaku selama jangka waktu tertentu”. Nah bisa di bayangkan ya, aturan Peraturan Pemerintah ini menjelaksan pengertian paspor seolah sebagai payung hukum dokumen identitas di kala kita berada di negara luar. So, jangan sekali kali bepergian dengan illegal document ya meskipun ke negara tetangga semisal Singapura dan Malaysia.

Ayo kawan semua, persiapkan paspor dari sekarang jangan dadakan membuatnya. Bagaimana sih bentuknya paspor, mirip buku saku biasa namun ada identitas dan tentu nomer paspor, warnanya hijau, di bagian belakang ada lembar catatan atau endorsment. Beberapa negara ada yang menerapkan ketentuan harus menggunakan 3 buah suku kata, tenang bisa di akali bagi yang hanya punya satu kata aja lewat penambahan family name kok. Nah nanti misal sudah dapat paspor, rawat jaga baikbaik ya jangan sampai hilang, karena pengurusan kehilangan akan jauh lebih merepotkan ketimbang pembuatan baru.

jenis paspor di indonesia

Secara umum pengertian paspor adalah suatu bentuk dokumen resmi yang di issued kan atau dikeluarkan oleh suatu negara yang memuat identitas detail bagi pemiliknya berwarna hijau atau disebut pasporhijau karena nanti ada istilah lain yaitu pasporbiru, di dalamnya juga ada photo serta nomor identitas resmi, mungkin itu terkonek dengan data imigrasi internasional yang di linkan dengan databasenya karena sewaktu membuat lengkap banget pemeriksaanya, mulai dari photo online, wawancara serta pemindaian sidik jari. Untuk apa paspor di buat yaitu keperluan identitas resmi suatu warga negara untuk bisa mendatangi negara lain sebagai bentuk legal identity.

Waktu pembuatan paspor, saya sempat ditanya mau yang berapa lembar, dan kami putuskan yang 24 halaman, karena ada dua jenis, satunya adalah 48 halaman. Bagi Anda yang memang hobi jalan ke luar negeri sekalian membuat yang 48 halaman juga lebih baik kami sarankan.

bentuk paspor di indonesia

Di Indonesia kami mengenal beberapa paspor, kalau paspor untuk jalan bepergian atau kunjungan wisata adalah berwarna hijau, dan ada beberapa jenisnya anatara lain yaitu:

  • Paspor biasa, identik berwarna hijau
  • Paspor Dinas, berwarna biru
  • Ada jenis paspor lainnya yaitu diplomatik berwarna hitam dan paspor haji berwarna cokelat, dua paspor ini saya lum pernah tahu memang

Di tempat saya bekerja memang ada beberapa yang diserahi tugas perjalanan ke luar negeri dalam rangka dinas, nah paspor yang di gunakan adalah jenis paspor biru.

Jangan salah embuat jenis paspor ya, sesuaikan peruntukannya untuk keperluan ke luar negeri dalam rangka apa saja.

Terus kalusul apa saja sih yang terdapat di dalam buku paspor. Di paspor konvensional maupun elektronik maka halamannya akan memuat beberapa point antara lain :

  1. Foto
  2. Kode Negara
  3. Nomor paspor
  4. Nama lengkap
  5. Kelamin
  6. Kewarganegaraan
  7. Tanggal lahir
  8. Tempat lahir
  9. Tanggal issued
  10. Tanggal expired
  11. Nomor registrasi
  12. Nama kantor yang mengeluarkan
  13. Dan tanda tangan pemegang
  14. Oh ya, tak lupa ada lembar endorsement, semacam catatan, semisal nama kita hanya satu suku kata, maka fungsi lembaran ini adalah mencantumkan family name. Hal ini dilakukan karena di beberapa negara mensyaratkan nama pengunjung menggunakan 3 buah penggalan.

penggolongan paspor di indonesia

Mungkin pernah mendengar juga jenis e paspor atau elektronik paspor dan paspor konvensional. Yang saya tahu sejauh ini paspor elektronik dengan menanamkan microchip di dalamnya. Eits, ada keuntungan lho dengan memiliki e-paspor, untuk kunjungan ke beberapa negara tidak dikenakan biaya, berbeda dengan perlakuan saat menggunakan paspor konvensional.